Selasa, 29 Juni 2010

PEDOMAN MEMBUAT SURAT KONTRAK

Beberapa hal yang penting untuk pengetikan Surat Kontrak, Undang-undang, AD-ART, Surat Perjanjian Kerja atau yang lainnya yang sejenis. Secara sepintas, atau kalau kita mengetik secara manual seolah-olah tidak ada persoalan, apalagi dengan jumlah yang sedikit saja. Namun akan timbul persoalan jika yang akan kita ketik itu jumlahnya cukup banyak, dan kemungkinan harus merevisi di sana dan di sini, maka akan cukup melelahkan juru ketik apabila pengetikannya dibuat secara manual.

Oleh karena itu perlu dibuat tata cara pengetikan secara otomatis dan dapat dibuat sebagai template, sehingga apabila kelak kita mengetik kembali, maka dengan mudah kita memakai apa yang telah kita setting.

A. Setup Halaman

Sebelum memulai pekerjaan, setup dulu halaman, biasanya:

Kertas Ukuran Folio

Top : 2 cm

Right : 2 cm

Left : 3 cm

Bottom : 2 cm

B. Pembuatan Style

1. Pembuatan Style BAB

Style BAB dibuat dengan cara, yakinkan bahwa kita berada pada style normal, kita buat rata tengah (ctrl e) lalu kita buat bold (ctrl b) lalu kita masuk ke numbering biasa (tidak outline numbering) kita pilih I, II, III, .......... masuk ke customized. Pada number format sebelum angka (dalam hal ini “I”) kita tulis BAB, tanda titik kita hilangkan kalau ada, Number Style tetap I, II, III, ..., Start At tetap dengan angka I dan Number Position dibuat Centered.

Dalam hal penentuan align at user harus jeli, di mana penentuannya harus dilihat nanti pada finishnya apakah sudah seimbang atau belum, jika belum usahakan menyetelnya. Untuk hal ini kami menyarankan 1,27 cm sementara Text Position untuk Tab space after secara otomatis mengikuti Align At dari number position tetapi untuk indent at diisi dengan 0. Lihat gambar

Kita klik ok dua kali maka kita akan melihat hasilnya baru buatlah stylenya seperti biasa, disarankan namanya BABs. (shorcut ctrl alt shift b)

2. Style Outline Level 1 dan level 2

- Yakinkan bahwa kita berada pada style normal (ctrl shift n).

- Buatlah format untuk pasal yaitu rata tengah, dan bold dan beri tulisan sementera pasal lalu buat style dengan nama pasal kemudian enter. (shorcut ctrl alt shift p)

- Yakinkan kita berada di style normal. Buat format untuk ayat yaitu justify, beri tulisan sementara ayat lalu buat stylenya dengan nama ayat kemudian enter. (shorcut ctrl alt shift a)

- Yakinkan kita berada di style normal, buat format untuk butir yaitu justify, beri tulisan sementara butir lalu buat stylenya dengan nama butir kemudian enter. (shorcut ctrl alt shift u)

Nah sekarang kita masuk ke bullet and numbering à outline numbered, pilih salah satu type tanpa headline lalu klik customized.

Level 1

- Pada number format beri tulisan Pasal tanda titik dihilangkan, Number style 1, 2, 3, ...dan start at 1

- Number position pilih centered dan align at diisi (diusulkan 0,63), Text position 0,63 dan indent at 0

- Klik tab More (di bawah OK), Link level to style, pilih Pasal.

Level 2

- Number style 1, 2, 3, ... dan start at 1

- Number position pilih left dan align at diisi 0, Text position 0,63 dan indent at 0,63

- Klik tab More (di bawah OK), Link level to style, pilih ayat.

Level 3

- Number style a, b, c, ... dan start at a

- Number position pilih left dan align at diisi 0,63, Text position 1,27 dan indent at 1,27

- Klik tab More (di bawah OK), Link level to style, pilih Butir.

3. Pembuatan Style Judul

Setting saja JUDUL BAB dengan membuat tengah (ctrl e) Bold (ctrl b) dan dibuat effect – nya all caps, baru dibuat stylenya. Disarankan nama stylenya Judul. (shorcut ctrl alt shift j)

4. Pembuatan Style Butir

Setting butir dengan memilih salah satu format bullet, umumnya adalah “ - ” namun dapat kita pilih bullet yang lain dengan cara kita masuk ke numbering dan kita pilih bulleted lalu pilih salah satu formatnya, pilih customized, pada bullet position, terdapat indent at isikan 0,63 dan pada text position tab space after dan indent at sama-sama diisi 1,27. Lalu buat stylenya disarankan memakai nama butir.

Nah setelah selesai melakukan penyettingan, sebaiknya kita buat template dengan cara: Hapus semua yang telah kita ketik tadi, kemudian kita save as, pada save as type kita pilih Document template .dot. Nah sekarang File tersebut telah tersimpan sebagai template yang dapat digunakan kapanpun.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar