Kamis, 29 Juli 2010

CARA PENGETIKAN SKRIPSI/MAKALAH DENGAN KOMPUTER

Ada baiknya kita membuat template dulu untuk mempermudah pekerjaan anda di samping tujuan lain jika kita memerlukannya kelak, anda tidak perlu untuk menyetting kembali.

A. Setup Halaman Sesuai kebutuhan

Kertas Ukuran A4 ataupun Letter

- Top : 4 cm

- Right : 3 cm

- Left : 4 cm

- Bottom : 3 cm


Bagian-bagian dari skripsi seperti

- Judul [1]

- Kata Pengantar 1

- Daftar Isi 1

- Daftar Gambar

- Daftar Tabel

- Daftar Lampiran

- BAB (Isi)[2]

- Referensi (Daftar Pustaka)

Tiap-tiap bagian harus dibatasi dengan section, caranya adalah klik Insert à break à next page

A. Pembuatan Halaman Skripsi

Setting halaman skripsi dengan cara

- Klik insert, page number, pada Position pilih Top of Page (Header)

Alignment kita pilih right

- Centang pada show number on first page dihilangkan. Dengan demikian kita akan mendapatkan dialog box seperti gambar 1 di atas.

Format halaman bagian awal skripsi (Bukan ISI) dengan cara

- Setelah kita melakukan pekerjaan di atas, kita masuk ke bagian awal skripsi (Bukan ISI). Pertama kita masuk ke bagian Judul.

- Klik format

- Pada number format kita pilih i, ii, iii, …

- Pada page numbering kita pilih continue from previous section, lihat gambar 2 di atas.

- Klik Ok, Ok

Kemudian kita masuk ke bagian Isi.

* Klik insert, page number

* Klik format

* Pada number format kita pilih 1, 2, 3, …

* Pada page numbering kita pilih Start at dan kita isikan 1. Tetapi untuk BAB selanjutnya harus diisikan continue from previous section.

* Klik Ok à Ok

Ulangi cara terakhir pada bagian Referensi (Daftar pustaka)

Masuk ke salah satu halaman pertama bagian skripsi (bisa Isi) klik view, Header and Footer, kita masuk ke footer, ctrl e, masukkan halaman dengan mengklik # pada tool bar header dan footer, klik close.

Dengan demikian format nomor halaman telah selesai

B. Pemilihan Bullet and Numbering

Bullet and numbering yang umum dipakai pada skripsi ada dua jenis yaitu outline umum [I, A, 1, a), (1), …] dan outline number (1, 11, 111, …) dapat dipilih salah satu dengan cara klik format, bullets and numbering, outline numbered, pilih jenis outline number, klik Ok.

Secara umum penomoran pada Heading 1 harus dikecilkan hingga maksimum font size 3, kemudian disembunyikan, hal ini dilakukan untuk menjaga keseimbangan judul dan juga agar numberingnya tidak kelihatan, juga sangat diperlukan untuk pembuatan halaman spesial dan penomoran caption misalnya untuk membuat penomoran tabel.

C. Formatting Bullet and Numbering

(Dijelaskan langsung oleh tutor)

D. Setting Style (dapat dilihat lampiran)

E. Setting Capture

Capture adalah penomoran otomatis pada label caption tertentu misalnya Gambar, Tabel, Grafik, Lampiran ataupun yang lainnya. Hal ini juga untuk mempermudah kita untuk membuat listnya secara otomatis. Misalnya kita membuat capture dengan judul Gambar, Klik insert, reference, caption, klik New Label, isikan Gambar, klik Ok, klik Numbering, pilih format nomor klik Ok.

Namun jika kita menginginkan penomoran itu mengikuti penomoran Heading maka kita dapat memberi centang pada Include Capter Number

Biasanya format dari caption adalah: align left, bold dan font size 10. Maka jika kita ingin merobah formatnya dapat dilakukan dengan merobah pola Stylenya.

F. Header dan Footer

Cara membuat header dan footer sama seperti yang dijelaskan pada buku panduan.

G. Footnote

Kita tentukan numbering dari footnote. (waktu kita menggunakan, kita cukup memakai short cut key Ctrl + Alt + f kemudian kita mengetik footnotenya).

H. Endnote

Kita tentukan numbering dari Endnote, (waktu kita menggunakan, kita cukup memakai short cut key Ctrl + Alt + d kemudian kita mengetik endnotenya).

I. Setting List Capture

Sebenarnya setting List Capture ini dapat dilakukan setelah kita selesai mengetik skripsi, tapi jika kita membuat template, kita wajib mensettingnya duluan yaitu kita klik insert, reference, index and table, table of figures , modify, modify

Font : Times New Roman, Font Size : 12, Alignment: Justify, Left: 0, Right: 0, Special: None, By: 0, Spacing: double (2), Right Tabs : 15,24, Leader: ………….

J. Setting Table of Contents (Daftar Isi)

Menyetting Table of Contents dilakukan dengan cara klik insert, reference, index and table, table of contents, modify

TOC1 adalah posisi Heading 1, TOC2 adalah posisi Heading 2 demikian seterusnya. Formatnya dapat dilihat pada lampiran.

K. Saving Template (jika kita perlukan)

Setelah semuanya kita lakukan atau selesai kita ketik, maka kita sebaiknya membuat template dengan cara klik file à save as à pada save as type à pilih document template (*.doc), berikan nama pada file name misalnya Skripsi à klik Ok.

Dengan demikian kita telah siap mengetik skripsi dengan mudah dan lancar. Kita harus menghafal shortcut yang kita ciptakan sendiri dan melaksanakannya ketika kita bekerja. Skripsi / thesis / tulisan dapat diketik dengan mudah.



[1] Wajib ada

[2] Dibuat hanya satu kali, selanjutnya untuk BAB baru klik insert, Break, Next Page




1 komentar: